Seni Menjual Diri: Bagian 2

Sudah mencintai diri anda hari ini? punya konsep diri yang positif adalah awal dari kemampuan menjual diri yang mumpuni. Bukan, bukan menjual diri dalam konotasi negatif. Tapi semua kita ‘menjual diri’. Masih lanjutan materi dari Dr. Irfan Aulia, Psi.

Orang yang sukses tidak pernah takut berhasil. Gimana cara kita menguji diri kita takut berhasil? Coba bayangkan atau tulis hal luar biasa yang belum pernah anda bayangkan, atau anda sendiri takut membayangkannya! Harus konkrit. Misalnya, lulus S2 Profesi Psikologi Klinis Anak dari UI dan gratis via LPDP. Bisa berenang  di kolam 2 meter, naik haji tahun 2017, hafal 30 juz usia 30 tahun, tahajjud setiap malam., tilawah sejuz sekali duduk setiap hari sebelum subuh, atau bisa konsisten jalan tegak (duh, ini paragraf isinya sabotase).

Dan itu bisa kejadian. Makanya ada doa.

Pertanyaan: adakah hubungannya dengan Law of Attraction?

Menarik. Mengenai law of attraction ini, jangan kita ambil filosofisnya karena itu bagian dari ajaran New Ages bahwa semua agama dan semua tuhan sama. Tapi logikanya bisa. Saya baca di Alfawaidh karangan Ibu Qayyim Aljauziyah, dia mengatakan bahwa tidak ada yang merubah diri anda kecuali 2 faktor, yaitu diri anda dan Tuhan anda. Jadi hal ini sebenarnya sudah diungkapkan berabad lalu.  Dan dalam Alqur’an pastinya sudah ada, dalam surah Arra’du sudah Allah sebutkan (bahwa Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum kaum itu merubah dirinya sendiri). Ingat, selama mimpi anda terukur, itu masih dalam kuasa Allah karena kuasa Allah tak terhingga.

Doa itu adalah bayangan yang terprogram. Doa dalam Bahasa sanskerta berarti mantra. Kata yang punya kekuatan ajaib. Dalam definisi Islam itu doa.

Apa itu yuwaswisu dalam Surah Annas? Was was itu TAKUT BERHASIL. Kenapa istighfar itu di dalam hadits dikatakan mendapatkan setidaknya 3 hal: jalan keluar dari arah yang tidak disangka-sangka, mendapat nikmat dan dikeluarkan dari kesulitan-kesulitannya.

JANGAN TAKUT BERMIMPI

Jangan lupa untuk mentadabburi, membersihkan kotoran yang mengotori mimpi-mimpi kita. Apa yang kita bayangkan apakah ada hingga nya? Ada ukurannya? Selama itu masih bisa kita bayangkan artinya itu masih terhingga. Masih terhingga artinya masih dalam kekuasaan Allah. Pertanyaannya, sekuat apa kita mengusahakan apa yang kita inginkan?

Pernah lihat anak kecil kalo nangis gimana? Misal anak usia 2 tahun, dia akan mengusahakan susu sekuat tenaga, meski harus menangis kencang. Kenapa? Dia yakin betul bahwa ibunya akan memberikan susu makanya dia menangis sekuat tenaga. Sudahkah kita meminta pada Allah berulangkali setiap waktu tentang hal itu? Bukankah kita yakin Allah pasti memberikan?

Untuk memotivasi orang ada 2 cara. Cara 1, bilang ke dia kalo kamu mau berenang ke sana kamu akan menemukan pemandangan yang sangat indah (reinforcement-ed). Cara ke 2, kalo ga bisa berenang, ada hiu yang menanti (Punishment-ed).

Ada kondisi survive terjebak, yang dalam kadar tertentu bagus. Tapi dalam jangka panjang, tidak bisa. Perbaiki penampilan dan gerakan jika ingin sukses. Kenapa sholat itu bergerak, karena kita berkomunikasi dengan alam bawah sadar melalui gerakan.

running-man.jpg

GA ADA ORANG SUKSES YANG MAGERAN ATAU BAPERAN

Ada ga di sini yang terbiasa lari 30 menit satu hari, atau jalan kaki? Saya berlari 2K bahkan sampai 5K tidak ngos-ngosan, biasa saja seperti pemanasan. 1 manfaat olahraga: yang saya pelajari adalah mengubah konsep diri, mengontrol diri.

Saya pernah melakukan penelitian dalam kelas, saya suruh mahasiswa saya untuk menulis berapa THP (Take Home Pay) nya. Setelah itu saya tanya siapa di antara Anda yang rutin olahraga.  Ternyata hanya 3 orang yang rutin olahraga, dan 3 orang tersebut paling tinggi THP nya di kelas itu!

Saya kenal dengan menantu pak Habibie, ternyata Pak Habibie setiap hari berenang 3 jam. Saya juga pertama kali nyoba lari marathon sejak februari tahun ini, sekarang 5K pun sudah ga ngos-ngosan.

KENAPA MENJUAL DIRI ITU PENTING?

Kenapa perlu seni menjual diri, karena setiap hari kita menjual dan membeli.  Karena setiap orang yang sukses adalah orang yang sukses menjual diri.

Ingat bahwa kita hanya akan fokus pada hal yang kita yakini penting untuk diri kita berhasil. Misalnya tentang bersyukur. Apakah anda yakin bersyukur itu baik? anda merasa itu baik, tapi hal itu akan kerasa banget klo sudah hilang nikmatnya. Bisa ga kita bersyukur memiliki suami, dengan mengingat momen ketika pertama kali kita bertemu dengan suami kita, atau bersyukur memiliki anak dengan mengingat momen saat melahirkan anak kita.

Saya punya teman yang mobilnya aja Porsche deutch, tapi dia bercerai, ditinggalkan istri dan anak. Untuk apa itu semua? Pulang ke rumah ga ada yang nyambut? Di situ saya sangat bersyukur masih punya keluarga.

SADARI MANA YANG PENTING DALAM HIDUP KITA DAN JANGAN SAMPAI TERTUKAR.

Bahaya bila prioritas kita dalam hidup tertukar.

Gimana cara penjual diri yang sukses? Dia menyukai dirinya. Saya menyukai diri saya dan saya berharap bisa lebih baik setiap harinya. Pegang kepala sendiri, ucapkan terimakasih masih menjadi kepala saya. Sukai diri sendiri. Bukan sekedar suka. Tapi dalam keadaan diam, abis zikir.. benarkah kita mencintai diri kita tanpa syarat?

==========================================================================

Insight yang saya dapat dari materi ini setidaknya ada 3:

  1. Jangan lupa menyukai diri sendiri dan produk sendiri.
  2. Jangan takut berhasil
  3. Kalo mau sukses, jangan lupa lari pagi.

Selamat ‘Menjual Diri’! Selamat Bermimpi!

sumber gambar runningman: bp.blogspot.com

Iklan

Satu pemikiran pada “Seni Menjual Diri: Bagian 2

  1. Ping balik: Love Yourself: Seni Menjual Diri bagian 1 | Positive Psychology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s