MASAKAN DAN ITSAR IBU

white-table-with-varied-vegetables_1112-328

Bahan Masakan Segar Mama kita via http://bit.ly/2kMdlyn

Hari ini saya menemukan sebuah video dari Asian Crush, dan kemudian membaginya di timeline Facebook saya: http://bit.ly/2k11zMe. Captionnya: Mom’s Meal are the most delicious world in the world. Video yang sangat menyentuh, tentang seorang Ibu sekaligus nenek yang ingat anaknya yang sakit. Dia kepengenn banget masakin anaknya sampai mengarungi sungai, melewati bukit, hujan-hujanan, mengumpulkan bahan makanan terbaik padahal usianya udah ga muda lagi (63 tahun) dan matanya udah ga awas lagi karena menderita katarak. Hmm kelanjutannya sila ditonton sendiri ya.. jangan lupa siapin tissue sama telepon. Siapa tau kamu jadi pengen langsung nelpon Ibu kamu. Iya. Karena kadang Ibu kita cuma pengen denger suara kita atau liat wajah kita, itu udah jadi pengobat rindunya. Apalagi kalo rutin ke sana bawa cucu-cucunya. Ya  Allah.. ilang dah semua itu rematik :D.

Akibat nonton video ini jadi panjang. Saya memang -seperti tulisan di atas- langsung nelpon Ibu (yang usia beliau 62 tahun), kuatir kenapa-kenapa atau dia kangen sama saya.. eh pas saya telpon ternyata beliau lagi Liqo, alhamdulillah.. kirain lagi mellow juga kayak saya. hehe… dan akibat lainnya adalah: saya  bikin tulisan ini. Jangan bosen yaak.. cuma pengen cerita tentang sosok-sosok Ibu inspiratif dalam hidup saya yang masakannya paling ngangenin sedunia.

Baca lebih lanjut

Gagal Ikut Kampanye

Adegan terjebak macet, kelaperan, Melipir makan dulu, Anak lanang muntah, kehabisan celana, beli celana, sampai akhirnya ga jadi ngikutin acara kampanye di lapangan banteng karena udah bubar dan ga bisa gerak alhamdulillah ada hikmahnya.
 
Ga kebayang kalo sholat di istiqlal, desek-desekan penuh perjuangan dengan membawa anak dan nyainya sekaligus..
 
Udah udah move oon.. cukup buka youtube 😛 seenggaknya nyai (mamak mertua kesayangan gue) berhasil closing 1 orang karyawan Ramayana, untuk milih Anies Sandi. hehhe
======================================================================
anies-sandi
Kami sedang dalam perjalanan menuju lapangan banteng, puku 10.30 itu.. namun hingga 11.30, belum juga nampak tanda-tanda dekat dengan lapangan banteng sementara Ummi sudah mulai menunjukkan gejala masuk angin kurang asupan makan. Khawatir terjebak sulit pulang dan belum makan, kami pun memutuskan untuk ke Menteng Huis dulu, makan di DCost.
“Ummi… kok kita ga ke tempat yang AYO BERRSAMA! KOBARKAN!* itu mii..” Tanya Ghozi.
“Eh.. iya nak.. kita makan dulu ya..”
Kami melipir ke satu tempat yang nasi dan tehnya gratis boleh refill nambah sepuasnya. Di sana si kakak bolak balik ambil teh. makan. minum. loncat. lari. gitu lagi bolak balik, sampai akhirnya..
“Aku sakit perut” ujarnya sambil memegang perut. wah.. apa mau mau pup ya..
Tiba-tiba.. Hoekk..ternyata dia merasa mual dan akhirnya lega dengan muntah menyembur. Apa bahasa medisnya ya. Muntah proyektil ya.. kayak peluru gitu ya.. heuu…
“Ayo.. tadi kenapa kakak muntah?”
“karena (kebanyakan) minum teh..” jawabnya. Setelah tenang. Wajahnya ceria seakan ga pernah terjadi apa-apa.
“ya udah kita pulang ya?”
“yah Ummi jangan pulang! kita kan mau ke AYO BERSAAMA! KOBARKAN! ayo mi aku ga mau pulang…”
“Ya udah kita ganti baju. Abis itu kita shalat dulu ya..”
Kami pun melipir ke Masjid megah yang terkenal dengan sajadahnya yang wangi, Cut Meutia.
“Aku mau wudhu ya mi..” dia menyingsingkan celana dan memulai ritual wudhu. bar ber byuurrr ealah nduk.. ini mah bukan wudhu.. mandi :’D… cuci kakinya pun bukan semata kaki, tapi sebetis. Oke, baju dan celana basah, ganti baju lagi. eh sebentar. Tadi bawa celana cuma sebiji? ini juga udah kuyup? alamat masuk angin kena AC nih.. akhirnya kami berempat bersama Nyai, jalan lagi ke Toko baju yang dikenal sering kasih diskon, baju berkualitas lumayan dan sering disambangi turis2 jalan jaksa (termasuk yang ‘kere’ katanya)..
Berbekal kaos Afrakids yang panjangnya sepaha, dan hanya mengenakan celana bagian dalam.. (hiks) Ghozi mengikutiku sampai ke lantai 3 berburu celana.
Selesai beli celana, kami kembali bergerak ke tempat yang dituju. Ternyata macet. Stuck. Sepertinya ada rekayasa lalu lintas karena kemacetan yang begitu parah.
Perasaan kami bercampur, sedih (apalagi anak lanang kami yang pengen banget ikut kampanye dan nyanyi bareng AYO BERSAMA! KOBARKAN! SEMANGAT WARGA JAKARTA!), campur haru.. melihat antusiasme warga jakarta yang hadir, melihat jalanan yang teramat padat dengan kendaraan berbendera putih dan baju gambar Anies-Sani.
istiqlal
Menyisakan secercah cahaya, banyaknya warga jakarta yang ingin adanya perubahan terutama perubahan Gubernur.
Jadi kesimpulannya, kalo pengen tau acara kemarin kayak gimana, baca youtube, denger berita aja deh ya.. sama ngunyah foto.. merinding liatnya euy, apalagi yang shalat jama’ah itu.. klo istiqlal udah segitu penuhnya, pantes banget sih kami yang dateng udah telat ga bisa gerak.
anis

AniesSandi Naik, Pendidikan Baik, Sembako Murah, Cari Kerja Mudah

*tempat kampanye
**penting banget kan ceritanya :p

ANAK IBU MAU JADI PETINJU?

karate-kid

Karate Kid via avclub.com

Hari ahad 29 Januari 2017 lalu, saya mengorbankan beberapa agenda (yang satu seru, yang satu penting banget yaitu silaturahim keluarga) untuk menghadiri Kuliah Tematik Sekolah Mommee. Kenapa saya mendahulukan ini? karena sadar saya lagi sekolah, walaupun informal. Saya wajib datang kecuali ada alasan syar’i bagi murid untuk tidak datang.

Tema SM hari itu ada 2: “Jangan Bully Aku!” yang dibawakan oleh Pak Novi Hardian, salah satu vokalis Izzatul Islam (dan HRD Sekolah Alam. gitu deeh yg diingetnya Izzis hehe) dan “Menjadi Dokter di Rumah” yang dibawakan seleb dunia maya: dokter Apin (Arifianto, SP.A).

mommee1

Logo Sekolah Mommee dan Program SEMAI

Bersyukur (dan beruntung) sekali saya bs datang kali ini. Tema yang pertama saya datang telat, berusaha menyimak walaupun ngeri2 sedap. Kebanyakan yang dibahas adalah tentang definisi Bullying (atau dalam bahasa lokal kita: perundungan) dan Apa yang kita lakukan untuk mencegah dan mengobati anak kita sebagai KORBAN bullying.

Why ngeri2 sedap? karena saya menganggap anak saya “outlyer” dari anak kebanyakan, saya rasa di sini melulu akan dibahas “menjadi korban” alih-alih “menjadi pelaku”. Tapi akhirnya saya merasa punya teman setelah salah seorang peserta angkat tangan dan menceritakan kisah anak-anaknya!

Anak kembarnya (Laki-laki, Batita) punya ritual khusus ketika menyambut teman-temannya yaitu dengan: MEMUKUL. hehe.. di situ saya merasa punya teman. GUE GA SENDIRI, MAKASIH YA ALLOOH.. walaupun anak saya ga mirip seperti itu, tapi dia juga suka ‘main tangan’. Kadang-kadang. #CiyeeDefenseCiyee

Iya, seperti anak kecil pada umumnya, anak saya belum bisa mengungkapkan emosi secara sempurna dan masih dilatih hingga kini. Beberapa waktu ini levelnya naik. Level bapernya meningkat. Bahkan ditegur atau dinasehati aja baper.. Walaupun, sejujurnya saya sadar sih ada andil gen saya di dalamnya (baper is my middle name, wakakak).

bully1

Anak berteriak via …

Anak saya laki-laki, sangat kinestetik, dan sering mengungkapkan emosinya (biasanya emosi negatif seperti marah, sedih, kecewa, atau gabungan dari marah dan cinta yaitu cemburu) dengan mengancam akan main tangan. Baru ngancem? iya ngancem dulu. Kadang-kadang ga dilakukan, cuma ngancem aja. Pas tau lawan lebih kuat, dia malah nangis. Eh ini bukan lagi ngomongin salah satu penista yang lagi rame minta maaf itu ya. Bukan.

Jadi pernah dia lagi asyik main sama temennya, eh temennya mau pulang, sementara dia masih mau main bareng. Dia kecewa ditinggal main. Mulai deh keluar ancaman: “Haf**h jangan pulang! nanti aku pukul!” dia getok temennya pelan. Eeeeh ndilalah dibales tonjokan tepat ke muka. Jeddeeer.. wakakak nangis deh lanang aye.. sejak itu Abinya mengajarkan cara menonjok yang benar dan setrong. #eh #salahfokus

bully2

Hikmah dari materi 1 dan diskusinya ini adalah:

1. PR pertama dan utama ada di orang tuanya. Ortu harus MENERIMA dulu ‘keunikan’ anak. Accept, alih-alih Deny. Susah lho ini. Berapa banyak Ibu-ibu yang mukanya memerah pas anaknya mukul anak orang? hatinya panas.. kadang malah si anak habis diomelin ibunya di depan orang banyak demi menyelamatkan muka ibu.. “Nakk? siapa yang ngajarin mukul nakk? mama enggaakk lho nakk!” huks. Lalu neneknya melirik tajam ala sinetron. :p

Bu, kalo kata pak Novi.. terimalah KEUNIKAN anakmu, siapa tau suatu hari itu akan menjadi KELEBIHANNYA. Ups, tapi bukan jadi petinju juga ya.. saya inget pernah baper gara-gara ada yang bilang anak saya mau jadi petinju.. wkwkkk (Maaf ya dear, kalo baca ini.. ga baper lagi deh. bener.)

Tapi siapa tau anak kita ke depan akan jadi anak yang kuat memegang prinsip, tidak mudah menyerah, jago membela diri dan orang lemah, Mukmin yang kuat fisik bahkan lebih dicintai Allah. Insyaallah.. asal diarahkan pada tempatnya.

2. Kemudian ajarkan anak EMPATI. Kakak.. gimana rasanya kalo dipukul Nak? sakit, Bu. Nah.. begitu juga yang dirasakan teman kakak.. kasian kan teman kakak jadi sakit karena dipukul. Btw saya kemarin kasih liat video anak yang menangis karena liat ibunya motong ikan. Well, anak saya ikut sedih..   Yakinilah, empati itu fitrah.

3. Biasakan anak MINTA MAAF, dan kasih REWARD kalo anak bersedia minta maaf (Good job!) dan tidak mengulangi perbuatannya. Kalo perlu peluk. Fase ini sudah lumayan lama saya lewatin, dan diulang-ulang terus. Maha besar Allah, anak saya sudah merasa bersalah sendiri ketika dia ‘refleks’ melukai orang lain, biasanya Umminya. Dia langsung menampakkan muka bersalah, dan menyodorkan tangan sembari berkata lirih: “Maaf ya… tadi aku salah”. Entah karena merasa salah atau khawatir diomelin.. hehe.. tapi sungguh deh permintaan maaf dari mereka itu tulus, bikin nyess hati dan sakit berangsur sirna, menyisakan hati yang hangat.

Oya, kalo anak belum mau minta maaf walau sudah diajarkan terus menerus, jangan patah semangat. Anak seperti sponge. Ga sekarang insya allah nanti perilaku baik itu akan keluar. Sering kasih contoh biar difotokopi. Untuk sementara ya.. orang tua dulu yang “memintakan maaf” anak ke korban atau walinya. Bukaaan.. bukan tentang penista lagi. bener deh.

4. Biasakan anak memberi nama emosinya, dan Ibu… jangan lelah mengajarkan anak bagaimana menyalurkan emosi ya.. (entah dia bahagia, takut, kaget, jijik, sedih, kecewa, marah, cemburu). Dia punya saluran emosi yaitu: KATA-KATA. Rasa marah misalnya, dapat disampaikan terlebih dahulu dengan kata, bukan langsung dengan melambaikan tangan mengepal. Cukup salam dengan tangan terbuka Ala Bung Karno. #Eh Ajarkan anak menyampaikan apa yang dirasakan.

5. Kadang anak juga butuh WAKTU. Dahulu saya suka nanya2in dia pas dia masih marah. Tapi skrg saya belajar kalo dia butuh dikasih waktu. Misal dia lagi nangis biarin aja dulu. Sampai reda. Ketika tenang baru ditanya, apa perasaannya? tadi kenapa? Lha kita juga gitu kan.. pengennya nangis dikeluarin dulu sampe mata sembab. heu.. dialirin dulu rasanya, diabisin dulu stoknya..ini berlaku tak memandang jenis kelamin ya. Jangan cegah anak laki-laki kita menangis, misal: “JANGAN NANGIS! Ingat kamu itu LAKI LAKI. Jangan cengeng!” duh, kasian ya jadi laki-laki kalo ga boleh nangis. Rasulullah s.a.w aja nangis kok, walaupun dengan alasan2 yang luar biasa ya bukan remeh macam sebagian kita.

6. SOP Bila anak marah pun perlahan diterapkan: dekati anak, ajak pegang dada sambil istighfar, tarik nafas, kalo berdiri ajak duduk, dia lagi marah duduk ajak berbaring.. efektif juga dengan berwudhu pada akhirnya, sesuai sunnah Rasulullah saw sang teladan.

Ketika saya menerapkan ini, alhamdulillah. Durasi marahnya lebih singkat. Dia jadi lebih cepat tenang, dan menyampaikan apa yang dirasakan. Klo terulang lagi, SOP ulangi lagi.

Bismillah.

#FitrahBerteman
#FitrahEmpati
#StopPerundungan
#MulaiDariRumah
#NTMSLhoIni
#WritingIsHealing
#SaluranEmosi
#BiarGaMampet

P.S: Sekolah Mommee 1 akan berakhir, doakan nanti bisa dilaksanakan lagi ya.

mommee2

Adab Menuntut Ilmu

Janganlah menuntut Ilmu..

Karena Ilmu tidak bersalah.

(Cak Lontong)

Dear sistaa… Alhamdulillah 2 pekan ini saya berkesempatan mengikuti Matrikulasi Institut Ibu profesional ke 3, walaupun hanya online.. tapi saya bertekad akan memanfaatkan ini untuk memperbaiki diri saya, menuju 3B: Bunda Shalihah, Bunda Cekatan, Bunda Produktif.

Eemmm materinya masih saya kunyah perlahan, dengan kaidah one bite a time. Materi pertama, dikenalkan adab menuntut ilmu.. (nih keren banget, adab sebelum ilmu). di atas segalanya saya harus merendahkan diri dan kepala, tidak boleh merasa sudah tau atau lebih pintar (apalagi paling pintar) di antara yang lain. Orang sombong dilarang masuk surga broohh hiks.

nhw1

Setiap pekan ada PR nya, dengan nama yang positif: Nice HomeWork atau NHW. Penasaran? saya kasih bocoran jawaban saya di #NHW1 ya.. semoga bermanfaat.

#NHW1: Apa jurusan ilmu yang kamu tekuni dalam universitas kehidupan? (awas jangan buanyak banyak lho, ingat kaidah “menarik tapi tidak tertarik”. PRIORITAS!

2 Jurusan ilmu yang ingin saya tekuni dalam Universitas Kehidupan adalah Parenting dan Ilmu Qur’an.

  1. Alasan menekuni ilmu Parenting: karena amanah anak akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Alasan menekuni ilmu qur’an (tahsin dan tahfidz): karena kedudukan seseorang tergantung ayat terakhir yang dia hafal, dan saya ingin memberikan mahkota dan jubah kebesaran bagi kedua orangtua di akhirat.

  2. Strategi menuntut ilmu parenting: mengikuti matrikulasi IIP, mengikuti kuliah tematik Sekolah Mommee, mendaftarkan diri mengikuti Fitrah Based Education, dan berusaha menerapkan materinya di rumah satu persatu. Sedangkan strategi menuntut ilmu qur’an: merencanakan tahsin setidaknya mengikuti ODOJ (one day one juz) dan ODOL (one day one line) untuk konsistensi dalam menghafal alqur;an.

  3. Saya sedang berusaha merendahkan diri di hadapan Allah, membuka diri untuk ilmu baru dan tidak merasa sombong/ lebih tinggi/ lebih tau, menghapus sementara prior knowledge yang sebelumnya dimiliki ketika belajar hal baru.

Pendek ya, jawaban PRnya? hihihiii..

Dek, Kembalilah ke Pangkuan Bundamu..

Sabtu 28 Januari 2017.

Sabtu petang, sekitar pukul 15.30 kami sedang dalam perjalanan pulang setelah silaturahim ke rumah Nyai Buk di Bekasi. Awalnya jalanan lancar Alhamdulillah.. tapi semua berubah saat Negara api menyerang! Ups, maksudnya pas masuk kalimalang. Elho.. kok macet banget ya. Di kiri kanan pun banyak motor konvoi,, pakaian mereka senada. Orange item gitu dengan tulisan2 yang juga senada:

Bunda, Izinkan Anakmu Dukung Persija

Jauh dari Wanita Dekat dengan Orangtua

Kagak Ada Warna Biru di Langit Jakarta

jaks2

Metromini 2 lantai via lipsus.kompas.com

Banyak metromini yang full atas bawah. Eh emang metromini 2 lantai? Iya itu atapnya. Banyak anak muda tanggung berjoget joget di ATAS metromini, sambil menabuh drum.. dan mengibarkan bendera. Sempet mikir.. sopirnya apa ga protes ya? atau udah maklum.. mobilnya sampe ajojing begitu. Tertulis di depan kaca: BUS 2 Persija Cipinang Muke Gile. Hoo.. The Jak toh.. tapi ada apa ya? Kok ruame banget.. apa ada pertandingan gitu? Kami pun sempat googling (ehm, kosa kata sok kekinian tapi ga ada di KBBI) dan tak menemukan info berarti soal Pertandingan persija hari ini.

jaks

Dedek2 gemes Cipinang Muke Gile http://www.twitter.com

Banyak sejoli laki perempuan tanggung berboncengan, berpelukan, saling bertukar rokok.. duh, mata jadi sepet.

A: ya Allah.. liat dek. Itu cewek. Ngerokok lagi. Eh. Kok ane ngomentarin gini ya

U: Udah biasa bang. Temenku banyak begitu. Temen kuliah dulu maksudnya.

A: iya..

U: Kasian ya bang..

Kasian. Mungkin eksis yang mereka pahami ya seperti itu. Hampir semua mengambil gadget dari kantongnya, dan mengeluarkan tongsis, 2 hal yang seperti wajib bagi anak jaman sekarang, tak peduli besok bisa makan atau tidak.

jak03

Kembalilah pada Orang tuamu, dek.. 😦 via shesaw13.blogspot.co.id

Macet makin menjadi-jadi.. dari kalimalang kami baru smpai ke rumah 2x lipat lebih lama dari biasanya.

Malam hari.

19.30, Kami berniat makan di luar. Mumpung malam ahad, gala dinner ceritanyaa.. demi menjaga quality time #uhuk #padahal #excuse lauk di rumah tinggal sisa satu sendok beef teriyaki tadi pagi. Hehe… kami pun berangkat, dan lewat kalimalang (lagi). O oww,, jackpot. Ternyata kemacetan petang tadi belum juga terurai, malah semakin menjadi-jadi. Kami terjebak tak bisa maju tak bisa mundur, baling-baling juga ga ada buat terbang ke atas. Ihiks… udah ga tau lagi bentuknya jalan semrawut banget.. motor mobil metromini bercampur. Makin banyak yang joged di atas metromini sampe doyong-doyong.

Bener deh semua rasanya bermuara di pendidikan. Tiba-tiba aku ingat kata-kata pak Anies Baswedan. Lalu sangat bersyukur bisa merasakan indahnya tarbiyah.

U: Udah deh kita makan di Cipinang Indah Mall alias CI Mall saja. 

Kami ingin masuk ke gerbangnya, eh ternyata sudah penuh dengan Jakmania dan ga ada kendaraan yang bisa masuk! Lautan manusia tumpah ruah di sana. Akhirnya dengan penuh perjuangan sampai juga kami ke gerbang utama CI Mall yang ternyata satu-satunya gerbang yang dibuka. Malam imlek yang ramai itu CI Mall semakin bertambah ramai dan –bahkan- penuh sesak, mungkin banyak yang melipir karena kelaparan di tengah kemacetan seperti kami. Mobil susah keluar masuk. 45-60 menit perjalanan kami dari rumah sampai bisa masuk ke dalam, 3x lipat dari biasanya yang Cuma 15 menit.

Rasa penasaran kami akhirnya terbayar, saat saya memberanikan diri bertanya dengan salah seorang security:

U: Permisi pak, ada apa ya pak ini?

S: Oh, ini ulang tahunnya Persija.

U: Diadain di sini??

S: Iya, di lapangan situ.

Ya ampuun… lapangan antara CI Mall-Penabur menuju Komplek Cipinang Indah.. kok bisa bisanya ya dikasih izin acara diadain di situ?

19.30 dari rumah, 20.30 kami sampai ke CI Mall, 21.30 pengen pulang tapi ga bisa, karena dari tempat parkir menuju pintu keluar pun macetnya naudzubillah. Terlihat mobil berstiker HK Hello Kitty yang pas kami datang terlihat antri mau keluar masih belum beranjak dari tempatnya. Artinya udah sejam mereka menunggu di dalam mobil. Anak-anak? Sama. Hiks. Muacett. Ghozi udah keliatan banget ngantuknya.. dan pengen pulang. Beberapa anak menangis. Ibunya bingung.

Pengen marah ga tau marah sama siapa.

Antara miris dan kasian.. liat mereka, anak anak muda tanggung, yang bercampur laki perempuan, jogged di atas mobil, teriak-teriak, merokok bahkan MINUM MINUMAN KERAS (hasil observasi Mbak kami yang rumahnya deket banget sama TKP) iya.. itu anak-anak SMP. *Terus inget kata-kata Ahok kalo Mira situ gapapa ga bikin orang mati* mungkin kata-kata juga yang jadi pemicu adek adek kecil ini bermabuk-mabukan.. huhuuuu *banjir airmata*

Ya Allah…  begitu banyak yang harus disentuh oleh dakwah ini. Dan hamba belum ke mana-mana..

punk1

Kembalilah seperti Punk Muslim, dek.. via http://www.punkmuslim.co.vu

Akhirnya pukul 22.45 kami baru bisa keluar..baru berani keluar lebih tepatnya. Ya, sementara orang menunggu di mobil, kami memilih menunggu di mushola sampai macet di dalam parkiran ini terurai. Alhamdulillah jam segitu udah ga separah tadi macetnya, tapi keluar kalimalang masih macet. Ya Rabb..  hujan mengguyur pun mereka masih asik berjoged di atas metromini. Walaupun sudah bubar satu persatu sambil melepas baju.

Jam segini arah ke rumah kami sudah ditutup aksesnya. Kami bingung. Sudah lewat pukul 23.15, sangat larut.

Pagar komplek sudah ditutup karena sudah malam. Ghozi kebelet pipis, dan terpaksa pipis di tengah hujan.

Badan sudah payah. Akhirnya Aku dan ghozi turun, dan berjalan kaki ke rumah di bawah deras hujan, sementara suami memutar arah mencari jalan (lewat kalimalang lagi, tentu. Ah.. membayangkan suami akan sampai di rumah jam berapa saja, Aku sudah pusing)..

Sampai ke rumah. Nyai langsung mengambil ghozi dan membuka semua bajunya. Aku menemani Ghozi ke kamar mandi. Masuk kamar… yang penuh dengan gunungan baju hasil kreasi Ghozi sebelum berangkat tadi: mengeluarkan semua isi lemari. Antara lelah. Dan.. entah apalagi. Banyak kata yang keluar dari lisan.. plus sindiran tajam ke anakku: ntar berantakin lagi yaa.. ntar keluarin lagi isi lemari yaa…

Dan akhirnya aku memilih mematikan lampu: bersiap memeluk Ghozi untuk tidur. Dalam keadaan setengah marah dan super lelah. Ghozi yang sudah berbaring di sampingku tiba-tiba menerawang ke atas:

G: Ummi… Alhamdulillah yaa kita sudah sampai rumah..

Spontan nafasku tertahan. Astaghfirullah..

U: Nak.. makasih ya udah ingetin Ummi untuk terimakasih sama Allah, ummi belum bilang alhamdulillah…

G: Iya ya ummi.. alhamdulillah ya hujannya sudah berhenti..

Ya Allah nak..kudekap malaikat kecilku. Terlalu banyak keluhan yang terlontar dari lisanku. Dan aku melupakan hal yang dianggap kecil padahal amat besar: BERSYUKUR KEPADA ALLAH AZZA WA JALLA.

U: Iya Kak.. ini semua udah kehendak Allah ya kak.. pasti ada hikmah di balik ini semua ya kak..

Aku hanya (merasa) kelelahan, mengantuk dan sedikit berbasah-basahan.. sementara banyak orang dengan anak-anaknya yang terjebak macet tadi betul-betul kehujanan dan keasapan.. bahkan di belahan tempat lain, seperti rumah keluarga mama mertuaku di Bangka barat.. mereka kebanjiran. Yah, ga ada apa-apanya sih penderitaan lo ya buu *ngomong ke kaca.

Walaupun menyesalkan juga sih ga ada pemberitahuan apa-apa dari pihak berwenang bahwa akan ada acara seramai itu di tempat ini, di jalanan sesumpek ini.

Kalo lihat di internet sih.. ulang tahun persija itu bulan November. Yang kemarin itu yaa semacam Jakmania Party, katanya. Terutama muke gile cipinang. L crowded, sampai ada anak yang kehilangan gadget seharga 8 juta rupiah saat jogged dan nge bar bir bur. Gadget yang dibelikan ayahnya karena kasihan anaknya ditinggal wafat ibunya. Duh bukan bentuk kasih sayang juga itu ya, pemanjaan yang tidak pada tempatnya. Pas kondisi ekonomi susah, rumah juga di pinggir kali.

Semua bermuara pada pendidikan..

Semua bermuara pada keluarga..

Di mana Ibu dan Ayah mereka?

Mungkin tak peduli di rumah, atau justru menangis sedih tak dipedulikan oleh remajanya?

Banyak anak tak mau disentuh oleh orangtua di masa remaja,

Karena kurangnya kasih sayang Orang tua di masa kecil..

Tiba-tiba teringat anakku.. lalu terbayang-bayang resign itu.

Mari kita doakan.. mereka semua.. Adik dan anak-anak kita.. juga orang tua mereka.. berdoa.. dimulai..